Cetak foto sendiri...... siapa takut?


Mencetak foto adalah tahap ketiga atau yg terakhir dari 3 tahapan membuat foto dari film negatif, mulai dari proses memotret dgn kamera, lalu mencuci film negatif dan terakhir mencetak film negatif itu diatas kertas foto.

Proses pencetakan ini agak lebih repot dibandingkan dgn proses 'pencucian' film negatif nya, karena disini dibutuhkan kamar gelap dan alat pembesar foto (enlarger) plus peralatan kamar gelap lainnya. Tapi yg utama adalah tersedianya enlarger dan kamar gelap nya itu sendiri, sedang alat2 dan bahan2 lain (larutan developer kertas dan kertas film itu sendiri) bisa diadakan dgn lebih mudah.

'Kamar gelap' bisa dibuat dari kamar mandi atau kamar tidur yg tertutup rapat, atau setidaknya bisa gelap kalau malam (gw adanya yg ini..hehehe... malem doang bisa gelap). Yg jelas ruangan itu harus bagus ventilasi udaranya spy kita nyaman berlama2 di dalamnya... syukur2 bisa pake AC, spy mengurangi debu yg masuk.

Enlarger... hmmm...ini barang susah2 gampang carinya, kalo pas ada yg jual bekas ya untung.. kalo harus beli yg baru ya agak mahal (sekitar 1jt rupiah). Sebenarnya bisa saja kalo mau bikin sendiri dgn modal lampu pijar dan kaca pembesar, tapi tentu hasilnya juga gak optimal. Jadi kalo pas ada yg jual, usahakan ambil aja ...

Spt enlarge gw yg ini, merknya Durst M30, gw dapet di fjb juga ... khusus buat BW tp bisa dipakaiin filter warna buat efek. Dan yg gw seneng enlarger ini bisa dipake buat slide copier, jd kadang gw pake buat copy negatif pake dslr krn belon punya scanner film

Untuk tempat alas yg 'memegang' kertas foto saat disinari kita perlu alat yg namanya Easel, difoto di atas itu barangnya yg spt pigura dari besi warna hitam di bawah enlarger. Biasanya sih kalo beli enlarger kita juga dapet easelnya, tp kalo gak ada bisa kita bikin dari karton tebel, atau dari plat aluminium atau apa aja ... yg penting dia bisa memegang pinggiran kertas (-/+ 5 mm), shg memudahkan utk penyinaran, krn biasanya tahap fokusing dan komposisi kita atur sebelum kertas dipasang dgn perpedoman pada easel ini. Baru setelah tepat, kertas kita selipkan di bawah penjepit easel ini, kemudian kita sinari dengan waktu yg tertentu. Ukuran easel bisa kita bikin sesuai ukuran kertas yg kita pakai, bisa 2R, 3R, 10R atau berapa saja.... (di foto di atas itu gw bikin buat yg ukuran 2R pake kertas foto bekas yg pinggirannya ditempelin pake lakban kuning).

kalo ini, red light nya, dibikin dari lampu jepit di kasih bohlam merah 15watt plus tas plastik merah ditempel pake selotip. Kamar gelapnya sendiri, gw pake kamar belajar yg pake gorden agak tebel, jadi baru kalo malem bisa jadi kamar gelep nya.


Kalo ini 'wet area' nya, pake 3 nampan buat developer, stopbath sama fixer. Ditambah satu ember bekas kentucky buat tempat bilas akhir. Buat penjepit kertas, gw pake jepitan buat ngerol rambut (warna kuning) yg kedua kakinya gw sarungin pake selang kecil (bekas airpump aquarium ) biar gak licin waktu ngejepit kertas ....

Untuk developer kertas, gw masih pake yg murmer, Superbrome dilarutkan jadi 1 liter larutan simpan, kalo mo dipake di encerkan lagi pake air 2 bagian (jadi misal ambil 100 ml larutan simpan, trus tambahin air 200 ml lagi). Stopbath dan fixer nya sama spt yg dipakai pada proses pencucian film, yaitu stopbath dari cuka dapur 30 mm dilarutkan jadi 1 liter larutan dan Acifix 1 bungkus jadi 1 liter larutan. Semua larutan ini dipakai dalam jumlah yg secukupny aja asal kertas kita bisa terendam scr merata, jadi jangan pake baki yg terlalu besar kalo kertasnya kecil biar hemat.... dan jangan pake nampan kecil kalo kertasnya gede, krn kertasnya gak cukup masuk nampan nya...hehehe.....

Proses pencetakannya sama seperti proses pembuatan negatif dan pencucian film. Pertama pasang negatif film kita di negative holder nya enlarger, nyalain lampu enlargernya ntar keliatan gambar negatif di easel nya....

Trus kita atur fokus biar jelas gambarnya, sekalian komposisi nya diatur.. kalo mo di croping atur aja tinggi rendah enlargernya trus ambil bagian mana yg mau kita cetak dikertas. Kalo perlu, atur bukaan lensa enlargernya biar gambar nya lebih tajem dan sinarnya gak terlalu terang / gelap.


Kalo udah OK, matiin lampu enlargernya, ambil kertas dan selipin di easel, ati2 jangan bergeser easelnya krn komposisi yg udah kita atur tadi bisa berubah. Kalau kertas udah terpasah dgn baik dan benar (awas kebalik !!), nyalain lagi lampu enlargernya... kasih sinar si kertas itu sekitart 5 sampai 10 detik. Makin lama kita sinari kertasnya, gambarnya bakal makin gelap dan kontrasnya turun, jadi dicoba2 aja..cari waktu yg pas biar gak terlalu 'gosong' dan kontrasnya cukup.

Setelah disinari, matiin lampu enlarger, ambil kertas yg udah disinari dan masukin ke baki developer..... pastikan semua permukaannya terendam cairan, gw biasa masukin kertasnya terbalik trus di teken2 biar yakin semua terkena cairan. Goyang2 dikit bakinya atau dorong2 kertasnya biar timbul gambarnya lebih cepet. Kalo perlu bolak balik kertasnya spt menggoreng telor...hehehe...

Kalo udah keluar gambar nya dan cukup kehitamannya, angkat trus masukin ke baki stopbath,...celup sekiar 1menitan..angkat lagi...kalo ada baki bilasannya, bilas dulu sebelum masuk ke baki fixer. Di baki fixer, goyang2 lagi sekitar 5-10 menit biar sisa2 perak halida dikertas yg gak terdevelop terlarut semua.

Udah gitu, angkat...cuci di air mengalir....tiriskan dan keringkan.....lalu hidangkan panas2..hehehe.... selesai sudah.

Kalo belon ada enlargernya, bikin kontak print aja dulu.... beberapa lembar negatif film di tempel langsung di atas kertas photo, ditekan pake kaca (spt di pigura gitu lho..) trus sinari pake lampu meja dan di develop spt biasa. Nanti hasilnya cetakan di kertas seukuran negatif kita....bagus biar menilai negatif nya lebih gampang krn gambarnya udah jadi gambar positif.

Nahh... gak ribet2 amat khan, dari pada boros tinta printer buat cetak foto, mendingan nyoba cara klasik yg satu ini....hehehe... agak ribet tapi lebih puas jadinya... (buat gw sih...)

*** Buat yg suka main2 di kamar gelap, monggo kumpul2 di thread yg satu ini buat berbagi pengalaman dan trik2 soal kamar gelap, khususnya buat film hitam putih.

$umb3r

Leave a Reply