Sebuah foto menjadi sedap dipandang jika obyek yang ada di dalamnya tertapa apik. Lantas bagaimana menempatkan obyek tersebut agar foto menjadi menawan. Pakar fotografi, Makarios Soekotjo mengatakan, komposisi merupakan dasar dari aturan seni fotografi.Komposisi yang diterapkan dalam fotografi sendiri, menurut pria yang memulai debut fotografi di tahun 1984 ini, sedikit banyak mengadopsi dari seni rupa. ''Sesungguhnya fotografi adalah seni lukis juga, hanya saja melukis dengan cahaya,'' ujar Makarios dalam workshop fotografi bertajuk ''Composition Digital Photography'' di Mal Paragon.
Lebih lanjut, dikatakannya, tidak ada perbedaan mutlak antara dunia seni lukis murni dan fotografi. Begitu pula, aliran yang ada dalam seni lukis disebut sebagai aliran abstrak sudah lama ada juga di fotografi. Namun sebelum belajar komposisi, dia menganjurkan para fotografer pemula untuk mempelajari ekspresi pada momen yang tepat.
Lantas kapan fotografer menerapkan aturan komposisi? Makarios mengatakan, jika tidak ada manusia dalam bidikan foto tersebut maka komposisi mutlak diterapkan. Makarios membagi komposisi foto menjadi empat. Yakni komposisi sepertiga, aturan irisan emas, aturan diagonal dan komposisi simetris.
''Banyak yang salah kaprah dengan komposisi sepertiga, karena sering menempatkan subyek manusia sebagai patokan. Yang penting dari aturan ini adalah ketika ada horison,'' terangnya.
Untuk menempatkan horison di atas atau bawah, lanjutnya, tergantung dari menariknya gambar yang dibidik. Meski begitu, menempatkan atupun menentukan horison pun tidak semudah itu. Terkait hal itu, dia mengatakan dari sekian garis yang ada pilihlah yang paling kuat sehingga bisa jadi patokan.
Selanjutnya, jika aturan sepertiga tidak bisa diterapkan maka bisa memakai komposisi irisan emas. Aturan ini mengadopsi seni arsitektur dan memang agak rumit. Penempatan subyek sendiri, mendasarkan pada sisi geometris. Aturan ini cenderung diterapkan pada obyek yang statis.
''Seringkali tantangan fotografer di lapangan adalah ketika tidak ada subyek yang kuat, maka tidak ada pilihan untuk menerapkan komposisi,'' tukasnya
sumb3r

Leave a Reply